Abstrak: Model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share
(TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi
pola interaksi siswa dalam berpikir, berpasangan, dan berdiskusi. Untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa maka peneliti memilih
menerapkan model pembelajaran kooperatif Think
Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Rowokangkung dalam meningkatkan
pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus.
Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 23 siswa kelas VIII B SMP
Negeri 01 Rowokangkung yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa
laki-laki. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share yang melalui tahapan: (1) guru membagikan LKS dan meminta siswa untuk
memikirkan permasalahan yang terdapat pada LKS, (2) guru meminta siswa
berpasangan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan pada LKS, dan (3)
guru meminta siswa untuk membagikan hasil diskusi yang telah dikerjakan bersama
kelompoknya di depan kelas; dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil
belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman konsep dari
67% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar juga meningkat
dari 75,58% pada siklus I menjadi 81,95% pada siklus II. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share
meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri
01 Rowokangkung.
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.