JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

 

Abstrak: Model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam berpikir, berpasangan, dan berdiskusi. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa maka peneliti memilih menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Rowokangkung dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 23 siswa kelas VIII B SMP Negeri 01 Rowokangkung yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang melalui tahapan: (1) guru membagikan LKS dan meminta siswa untuk memikirkan permasalahan yang terdapat pada LKS, (2) guru meminta siswa berpasangan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan pada LKS, dan (3) guru meminta siswa untuk membagikan hasil diskusi yang telah dikerjakan bersama kelompoknya di depan kelas; dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman konsep dari 67% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 75,58% pada siklus I menjadi 81,95% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 01 Rowokangkung.

Keyword

hasil belajar, model think pair share, pemahaman konsep, peningkatan
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak